Langsung ke konten utama

Karakteristik, Proses Pembuatan, Kelebihan dan Perawatan Kain Satin By Taliutam

Sumber: https://www.yabatex.com/bahan-kain-satin/

Kain satin merupakan kain yang sering dipakai di dunia fashion dipakai untuk pakaian brand-brand ternama, kain satin punya keunikan tersendiri diantaranya tekstur permukaan kain satin sangat halus, lembut, dan tampak glossy. Jadi saat dipakai, dibentuk pakaian apapun akan terlihat menarik dan nyaman.

Karakteristik dari Kain Satin yaitu :

  • sifat bahan yang sangat lembut
  • tekstur kain glossy
  • sifat kain yang jatuh
  • beberapa kain satin punya motif atau pola
  • bahan yang cukup adem
  • memberikan tampilan yang tampak mewah dan elegan

Proses Pembuatan Kain Satin

Proses pembuatan kain satin yaitu metode "Satin Weave" atau teknik tenun satin. Metode ini adalah teknik khusus di mana dikerjakan oleh para seniman kain supaya kain terlihat lebih berkilau, lalu cara membuat benang menjadi lebih cerah dengan membuat dua jalur yang saling bersilangan guna menentukan arah menenun benang itu. Dari metode ini muncul istilah warp dan weft atau disebut juga benang pakan dan benang lusi.

Benang-benang itu sengaja diperlebar guna membuat jalur melebar yang bisa bergerak ke kanan dan ke kiri ketika proses pembuatan kain, proses tenun secara standar lalu membentuk satu jalur benang pakan dan satu jalur benang lungsin secara turun. Di proses pengalaman juga dilakukan secara vertikal atau dari atas ke bawah, proses ini yang akan membuat benang itu jadi sebuah kain yang berjenis satin.

Ada cara lain yaitu melakukan penggandaan pada benang itu sendiri, menggunakan 4 atau lebih benang pakan hal inilah yang membentuk kain satin terlihat glossy.

Kelebihan dari Kain Satin

  • dari segi tampilannya karena kain satin tampak mewah dan elegan dari kilauan benang yang dipakai, untuk acara resmi supaya tampil stylish dan modis orang banyak memakai pakaian dari bahan dasar satin.
  • dari karakteristik kain satin di mana mempunyai permukaan bahan yang mengkilap, licin di sisi atas, dan nampak kasar serta bintik-bintik di sisi bawahnya hal ini membedakan dari kain lainnya.
  • fleksibilitas kain satin sudah sangat teruji cocok serta nyaman saat dipakai untuk bahan pakaian yang longgar, tetapi sebaiknya saat menjahit kain ini harus ekstra hati-hati karena kain satin mempunyai serat tipis dan lembut.

Perawatan Kain Satin

Untuk mencucinya harus dengan tangan manual tidak boleh dengan mesin cuci, untuk menyetrika baju dari kain satin Anda harus menyetel setrika pada ukuran kain satin.

Inilah informasi tentang kain bagi Anda yang senang memakai busana dari kain satin, semoga bermanfaat dalam perawatannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Cermat Memilih Audio yang Bagus dan Berkualitas Untuk Mobil

Mari Mengenal 4 Jenis Asuransi Kesehatan

Tips Tampil Keren dengan Kaos Polos untuk Pria Tubuh Kurus