Langsung ke konten utama

Kenali Tanda dan Penyebab Muncul Flek Coklat Sebelum Haid

charmgirlstalk.com

Bagi remaja perempuan, muncul flek coklat sebelum haid tentu akan menimbulkan rasa kecemasan tersendiri, mengingat hal ini baru pertama kali terjadi terlebih ketika si remaja tersebut belum memiliki fase haid.

Pada beberapa kasus, kemunculan flek berwarna coklat memang mengindikasikan beberapa hal tertentu yang terkait dengan organ reproduksi wanita. Meski haid atau menstruasi adalah bagian dari fase normal seorang wanita yang menjadi penanda kesuburan tapi kaum perempuan khususnya remaja harus memahaminya.

Namun kemunculan flek tersebut juga tidak perlu membuat siapapun yang mengalaminya lantas merasa panik. Tetaplah bersikap tenang, kemudian amati gejala dan penyebabnya dan bila perlu segera konsultasikan ke dokter.

Kenali Tanda Muncul Flek Coklat Sebelum Haid

Hal utama yang perlu dipahami oleh remaja ketika mengalami tanda muncul flek coklat sebelum haid adalah mengenalinya, termasuk mulai memahaminya sebagai bagian dari siklus haid pada seorang perempuan.

Sesuai dengan namanya, flek coklat memang memiliki kecenderungan berwarna coklat dan tidak berwarna merah seperti pada umumnya.

Dalam pengamatan medis, tanda munculnya flek yang berwarna coklat ini biasanya terjadi selama 1 sampai 2 hari ketika seorang perempuan hendak memasuki siklus menstruasi. 

Tapi dalam beberapa kasus, tanda kemunculan flek coklat ini juga amat mungkin terjadi ketika seorang perempuan berada di pertengahan siklus haidnya. Terdapat dua kemungkinan yang bisa menyebabkan kemunculan flek berwarna coklat saat wanita belum memasuki fase haid, yakni menunjukkan gejala biasa yang cenderung tidak biasa atau bahkan sebaliknya menjadi gejala penyakit yang membutuhkan penanganan khusus secara medis.

Penyebab Kemunculan Flek Coklat 

Ada beberapa penyebab yang memicu munculnya flek berwarna coklat sebelum haid terjadi. Dan, penyebab ini sudah selayaknya diketahui dan dipahami oleh kaum perempuan agar lebih mudah mengidentifikasi dan jenis tindakan yang harus dilakukan, berikut beberapa penyebab kemunculan flek:

Tertundanya Periode

Parsial atau tertundanya periode siklus haid membuat rahim kemudian mengeluarkan lapisan permukaannya ketika hendak memasuki maupun ketika masa menstruasi terjadi. Lapisan ini umumnya berupa darah kotor, jaringan nutrisi maupun lapisan endmetrium.

Namun, tidak semua lapisan permukaan itu keluar secara lancar khususnya ketika masa haid, sehingga ketika hendak memasuki masa haid berikutnya lapisan yang masih tersisi inilah yang keluar terlebih dahulu dengan warna cenderung coklat atau merah muda, dalam gejala ini flek coklat dianggap tidak berbahaya dan bahkan dianggap normal.

Efek Konsumsi Pil KB

Pil KB memiliki efek samping yang bisa mempengaruhi hormon hingga terjadi ketidakstabilan. Efek ini sangat umum terjadi pada wanita yang baru pertama kali mengkonsumsi pil KB dan kerap kali lalai mengkonsumsinya secara rutin.

Pada penyebab ini, munculnya flek coklat sebelum haid dianggap sebagai hal yang normal dan cenderung tidak berbahaya.

Terjadi Ovulasi

Ketika seorang wanita mengalami ovulasi, amat mungkin memicu munculnya flek berwarna coklat atau merah mudah, hal ini akibat perubahan kadar pada hormon ketika ovulasi berlangsung. 

Ketika muncul flek coklat saat masa ovulasi yang juga dikenal sebagai masa subur memungkinkan untuk pasangan yang ingin memperoleh keturunan.

Hamil

Flek coklat juga bisa terjadi ketika seorang wanita tengah hamil. Terjadinya pendaraan implantasi ketika sel telur telah dibuahi sangat umum terjadi pada dua minggu pasca ovulasi. Kehadiran flek coklat ini juga bisa menjadi pertanda bahwa wanita tersebut tengah hamil dan gejala ini dianggap tidak berbahaya.

Pada beberapa wanita yang memiliki kecenderungan muncul flek coklat sebelum haid amat mungkin menjadi bagian dari siklus menstruasi. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah ketika flek tersebut terjadi secara terus menerus, maka Anda harus segera melakukan konsultasi ke dokter sebagai langkah penanganan medis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Cermat Memilih Audio yang Bagus dan Berkualitas Untuk Mobil

Mari Mengenal 4 Jenis Asuransi Kesehatan

Tips Tampil Keren dengan Kaos Polos untuk Pria Tubuh Kurus