Langsung ke konten utama

Apa itu Virtual Account? Manfaat dan Cara Kerjanya

blog.qelola.com

Virtual account merupakan salah satu metode pembayaran digital yang sering digunakan oleh masyarakat. Kenyamanan dan keamanan sistem pembayaran Virtual Account menjadi dua alasan mengapa pelanggan menggunakannya. Memang, sebagai opsi pembayaran digital, akun virtual juga mendukung ekosistem ekonomi digital Indonesia yang terus berkembang.

Jadi, sebagai pebisnis, kamu perlu mengetahui infrastruktur yang membentuk ekonomi digital ini, salah satunya adalah virtual account. Memahami hal ini, kamu dapat mempertimbangkan Akun Virtual untuk mengintegrasikan metode pembayaran ke dalam bisnismu.

Apa itu Virtual Account?

Virtual account adalah sebuah rekening atau akun pembayaran yang dibuat khusus oleh bank untuk setiap pengguna. Biasanya dalam proses produksi akan digenerate secara otomatis dan memiliki nomor ID pelanggan unik di dalamnya. Nomor virtual account tersebut khusus untuk melakukan pembayaran online yang hanya bisa digunakan sendiri.

Umumnya pembuatan akun virtual dilakukan atas permintaan perusahaan yang mengajukan untuk melakukan kegiatan transaksi. Setiap transaksi biasanya memiliki nomor virtual account atau yang paling kita kenal dengan yang namanya nomor VA. Setiap nomor VA biasanya unik dan berbeda tergantung kebutuhan transaksi.

Bentuk nomor VA berbeda-beda sesuai bank masing-masing pengguna. Ada yang berupa campuran angka yang unik atau kombinasi huruf dan angka. Hampir semua bank saat ini memiliki virtual account sehingga nasabah dapat dengan mudah bertransaksi secara online.

Manfaat Virtual Account

Bagi sebagian orang, sepertinya akun virtual cukup merepotkan dibandingkan dengan transfer bank manual. Faktanya, Virtual account lebih mempermudah transaksi. Berikut adalah manfaat menggunakan virtual account:

  • Transaksi lebih aman

Dengan menggunakan metode pembayaran VA, transaksi pembelian online akan lebih aman dibandingkan dengan menggunakan rekening biasa. Nomor VA yang unik hanya dapat kamu gunakan untuk satu transaksi dan akan kedaluwarsa setelah transaksi selesai. Dengan cara ini, nomor unik tidak akan disalahgunakan dan transaksi aman.

  • Pembayaran lebih praktis

Transaksi melalui virtual account secara otomatis akan tercatat di pembukuan atau rekeningmu. Tanpa harus melacak siapa yang melakukan pembayaran, nomor unik yang kamu gunakan telah dikonfirmasi untuk mencatat bahwa kamu melakukan pembayaran. Pesanan atau belanja online kamu dapat segera diproses.

  • Memfasilitasi kegiatan transaksi

Tanpa harus mengantri dan pergi ke bank atau ATM terdekat, kamu bisa bertransaksi dimana saja, kapan saja. Kehadiran virtual account membuat transaksi atau sistem pembayaran menjadi fleksibel dan praktis. Apalagi sekarang VA sudah tersedia di berbagai pasar dan aplikasi.

  • Tanpa konfirmasi pembayaran

Saat melakukan pembayaran melalui rekening biasa seperti transfer ATM, bukti transfer harus difoto dan dikirimkan ke penjual agar pembelian kamu dapat diproses. Dan juga, kamu harus menunggu penjual untuk mengkonfirmasi pembayaran.

Prosesnya cukup berbeda dengan VA yang khusus untuk pengguna, identitas langsung terdeteksi dan tidak perlu membuktikan atau mengkonfirmasi pembayaran. Waktu yang dibutuhkan relatif singkat, tidak membutuhkan waktu untuk konfirmasi pembayaran.

Cara Kerja Virtual Account

Setelah memahami arti dan manfaat virtual account, kini saatnya memahami cara kerjanya. Seperti namanya, virtual account adalah akun virtual yang dibuat dengan sengaja untuk memudahkan identifikasi dan pencatatan pembayaran. Berikut cara kerja VA secara detail:

  • Pertama, ketika kamu memesan, kamu akan menerima faktur dari penjual.
  • Akun VA yang terdapat dalam aplikasi akan memberikan kode unik (nomor VA) yang ditautkan ke invoice kepada pembeli.
  • Kemudian, pembeli yang menerima nomor unik tersebut akan diminta untuk melakukan transfer.
  • Setelah transfer selesai, penjual akan diberitahu tentang pembayaran. Penjual dapat mengetahui siapa pembeli yang membayar, karena kode unik hanya dimiliki oleh satu orang.

Setelah melakukan pembayaran, penjual hanya perlu memproses pesananmu. Tidak perlu foto bukti transfer ke penjual karena mereka sudah tahu kamu sudah melakukan pembayaran. Caranya cukup sederhana dana bisa dengan mudah kamu pahami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Cermat Memilih Audio yang Bagus dan Berkualitas Untuk Mobil

Mari Mengenal 4 Jenis Asuransi Kesehatan

Tips Tampil Keren dengan Kaos Polos untuk Pria Tubuh Kurus