Langsung ke konten utama

Mengenal Apa Itu Reksadana Dan Kaitannya dengan P2P Lending

freepik.com

Menyimpan uang dalam bentuk tabungan bisa jadi justru mengalami kerugian. Salah satu penyebabnya adalah bunganya yang tidak sebanding dengan inflasi. Sebagai antisipasi, kamu bisa menginvestasikannya dalam berbagai jenis produk, termasuk Reksadana. Apa itu Reksadana

Saat ini semakin banyak orang yang memilih berinvestasi dalam bentuk Reksadana. Selain berpotensi memberikan keuntungan tinggi, juga mudah, bahkan bagi pemula. Kamu tidak harus mengelola sendiri dana investasi karena ada manajer terpercaya sebagai tenaga profesional. 

Mengenal tentang Reksadana

Pertanyaan apa itu Reksadana? masih sering terdengar, terlebih dari orang yang baru memulai untuk berinvestasi. Reksadana merupakan wadah untuk mengumpulkan modal yang kemudian  menyalukannya untuk berbagai jenis investasi. Jenis investasi ini menjanjikan banyak keuntungan.

Sebagai pengelola, manajer investasi akan menempatkan dana berdasarkan kesepakatan dengan nasabah. Pemilik akan menerima pendapatan dari proporsi keuntungan. Sedangkan manajer investasi mendapat bayaran berdasarkan kesepakatan awal. 

Karena ditangani orang berpengalaman dalam bidang tersebut, tidak sedikit dari pemilik modal mendapat keuntungan maksimal. Dengan demikian, bukan hanya menjaga uang agar tidak tergerus inflasi tetapi juga lebih berkembang. 

Sistem kerja dari investasi Reksadana

Bagi pemilik dana, investasi dalam bentuk Reksadana bisa menjadi pilihan. Selain praktis dan mudah, potensi keuntungannya juga banyak. Pemilik modal tidak perlu repot. Cukup menyetorkan dan sejumlah yang diinginkan kepada manajer investasi yang akan mengelolanya.

Pemilik modal perlu memahami sistem kerja dari investasi dalam bentuk Reksadana agar tidak terjadi kerancuan. Meski bisa bersantai menunggu hasil pengembangannya, tidak ada salahnya sesekali melihat laporan progres investasi. Sistem kerjanya adalah;
  • Nasabah menyerahkan modal kepada manajer investasi untuk mengelolanya.
  • Selanjutnya dana yang terkumpul akan disalurkan pada berbagai jenis usaha yang sudah diseleksi terlebih dulu dan mendapat kesepakatan pemilik dana.
  • Secara berkala, manajer investasi akan memberikan laporan kepada nasabah mengenai progress dana. Pemilik modal bisa melakukan evaluasi apakah akan menarik dana, memindahkan ke fitur investasi lain atau tetap dengan formula sebelumnya.
  • Nasabah harus menanggung biaya untuk operasional atau expense ratio yang dipotongkan dari keuntungan selama berinvestasi

Layanan Peer to Peer Lending

Penyaluran atau penyertaan modal dari investor harus pada usaha yang menjanjikan. UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan salah satu kelompok yang mempunyai daya tahan lebih kuat terhadap berbagai kondisi keuangan. 

Peer to Peer Lending di Indonesia atau yang terkenal dengan nama P2P merupakan layanan usaha yang dijalankan sebuah perusahaan keuangan untuk menjembatani antara pemilik modal dengan pengusaha.

Sebagai mediator, P2P harus menyalurkan dana kepada pengusaha yang kredibel. Peran P2P yang penting turut berpengaruh pada keberhasilan investasi dan pengembangan dana pada Reksadana. 

Saat ini semakin banyak lembaga Peer to Peer Lending di Indonesia yang memudahkan manajer investasi untuk mendapatkan pelaku usaha terpercaya. Dengan berbagai strategi memasarkan dan menyeleksi pelaku usaha menjadikan keuntungan pemilik Reksadana semakin tinggi.

P2P sangat erat kaitannya dengan investasi Reksadana. Sebagai institusi keuangan yang menjadi mediator antara pemilik modal dengan pengguna jasa, P2P turut bertanggung jawab atas penggunaan dana. 

Karena itu P2p harus bekerja secara profesional dan memberikan laporan berkala kepada nasabah melalui manajer investasi. Keterbukaan antara semua elemen dalam sistem Reksadana sangat penting.

Apa itu Reksadana? Pertanyaan ini cukup mudah mendapat jawaban. Dengan semakin tingginya kesadaran berinvestasi dari masyarakat membuat bertambah banyaknya nominal Reksadana yang beredar dalam masyarakat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Cermat Memilih Audio yang Bagus dan Berkualitas Untuk Mobil

Mari Mengenal 4 Jenis Asuransi Kesehatan

Tips Tampil Keren dengan Kaos Polos untuk Pria Tubuh Kurus