Langsung ke konten utama

Mengenal Diversifikasi Investasi Lebih Dalam


Salah satu istilah keuangan terpenting yang pernah Anda temui adalah diversifikasi. Dan meskipun mungkin tampak seperti konsep yang sederhana, sebenarnya ada banyak lapisan untuk diversifikasi investasi, mulai dari cara kerjanya dan mengapa itu penting, hingga bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk membangun portofolio pensiun yang lebih stabil.

Diversifikasi adalah cara untuk mengurangi risiko dengan menyebarkan investasi Anda di berbagai kelas aset. Ini membantu mengurangi dampak volatilitas, atau fluktuasi harga yang terkait dengan investasi tertentu.

Diversifikasi dapat membantu menyebarkan investasi Anda di berbagai kelas aset. Ini dapat mencakup saham, obligasi, dan kepemilikan uang tunai; ini juga disebut sebagai "alokasi aset". Dengan berinvestasi di berbagai sektor ekonomi dan berbagai jenis aset, Anda tidak akan terlalu rentan jika satu sektor berkinerja buruk atau mengalami volatilitas pasar.

Bagaimana Diversifikasi Bekerja

Diversifikasi adalah strategi untuk menginvestasikan uang yang membantu Anda menghindari meletakkan semua telur Anda dalam satu keranjang. Jika Anda melakukan diversifikasi, alih-alih menginvestasikan semua uang Anda hanya dalam satu jenis investasi, seperti saham atau obligasi, Anda menyebarkannya di antara berbagai jenis investasi yang relatif tidak terkait satu sama lain. Diversifikasi dapat membantu mengurangi risiko bahwa satu jenis investasi akan kehilangan nilai sementara yang lain mendapatkan nilai.

Ini karena seperti halnya kelas aset apa pun akan selalu ada pasang surut; jika seorang investor memiliki terlalu banyak eksposur hanya pada satu kelas aset, mereka bisa kehilangan lebih banyak daripada yang seharusnya jika mereka telah terdiversifikasi di antara beberapa kategori. Misalnya: katakanlah Anda berinvestasi 100% ke dalam saham tetapi kemudian melihat bahwa saham turun 40% dari waktu ke waktu. Dengan memiliki investasi lain seperti obligasi atau real estat yang tidak jatuh dengan cepat selama masa-masa sulit maka mungkin kerugian itu tidak akan separah itu karena Anda masih memiliki sesuatu yang lain yang menghasilkan beberapa persentase pertumbuhan dari waktu ke waktu, meskipun mungkin tidak setinggi apa yang hilang dari saham yang menurun begitu banyak.

Kategori Diversifikasi

Diversifikasi adalah strategi manajemen risiko yang dapat digunakan untuk melindungi investasi di satu kelas aset terhadap kerugian di kelas aset lainnya. Konsep diversifikasi bisa menjadi rumit dengan cepat, tetapi ide dasarnya relatif mudah: dengan menyebarkan uang Anda ke berbagai jenis investasi, Anda mengurangi risiko kehilangan segalanya jika satu investasi berkinerja buruk.

Kategori diversifikasi meliputi saham; obligasi; uang tunai; komoditas seperti emas atau minyak; real estat dan aset yang lebih eksotis seperti dana seni atau ekuitas swasta.

Cara terbaik untuk berpikir tentang diversifikasi adalah sebagai piramida dengan berbagai jenis aset di bagian bawah dan investasi yang kurang berisiko di atasnya:

Apa itu Metode Diversifikasi Standar

Metode diversifikasi standar adalah menyebarkan aset Anda di berbagai kelas aset. Misalnya, jika Anda memiliki investasi Rp100.000.000, kebijaksanaan konvensional adalah berinvestasi dalam campuran saham dan obligasi sehingga kedua jenis investasi tersebut terwakili. Idenya di sini adalah bahwa dengan menyebarkan uang Anda ke berbagai jenis investasi, Anda dapat mengurangi risiko dan meningkatkan pengembalian dari waktu ke waktu. Metode ini direkomendasikan sebagai titik awal bagi sebagian besar investor karena mudah diterapkan dan tidak memerlukan terlalu banyak pemikiran atau keahlian.

Itu dia beberapa hal mengenai diversifikasi yang harus Anda ketahui. Selain itu, Anda pun bisa menggunakan metode investasi peer to peer lending di Indonesia yang tentunya sangat menguntungkan. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Cermat Memilih Audio yang Bagus dan Berkualitas Untuk Mobil

Mari Mengenal 4 Jenis Asuransi Kesehatan

Buah-buahan Bagi Penderita Asam Lambung Ala SehatQ